Dengan semangat Undang-Undang Desa para akademisi khususnya yang tergabung dalam SMB Bengkulu merasa terpanggil untuk ikut berkiprah dalam pengembangan dan pendampingan BUMDes di Provinsi Bengkulu dibuktikan dengan melakukan Pelatihan Manajemen BUMDes. Kegiatan akan dilaksanakan secara kontinue oleh Sekolah Manajemen BUMDes (SMB) Bengkulu bersama BUMDes-BUMDes yang ada di Provinsi Bengkulu dengan mengundang Pengurus Desa/ BUMDes.

Adapun materi Pelatihan dalam sekolah manajemen BUMDes Bengkulu sebagai berikut:

  1. Tata Kelola Desa dan BUMD
  2. Filosofi BUMdes dan Kelembagaan BUMDes

Tekhnik Fasilitasi dan Filososfi BUMDes , Bagaimana membina suasana dan relasi dengan warga desa sehingga pendampingan bisa berjalan lancar serta memahami kaitan BUMDes dengan warga dan pemerintah desa

  1. Sharing Praktik BUMDes
  2. Pemetaan Potensi dan Pemilihan Usaha
  3. Studi Kelayakan Unit Usaha dan Business Plan
  4. Persentasi Rencana Usaha BUMDes
  5. Pencatatan dan Pelaporan Keuangan menggunakan Software SAAB, 2.0
  6. Penyusunan AD/ART dan perdes : Aspek legal apa yang perlu diperhatikan dalam menyusun AD/ART dan Perdes
  7. Menyusun Struktur dan menguatkan Tata Kelola BUMdes
  8. Perencanaan dan penganggaran : Bagaimana menghubungkan rencana startegis desa, rencana strategis BUMDes, dan rencana kegiatan dan anggaran Tahunan
  9. Pengembangan BUMDes – Going Digital (Web Profile dan e-commerce) : Bagaimana mengembangkan pemasaran dengan bantuan tehnologi digital
  10. Kebijakan pengelolaan keuangan dan Akuntansi BUMDes
  11. Cek kesehatan Usaha BUMDes

Fasilitas yang didapatkan saat pelatihan:

  1. Sertifikat
  2. Tool Kits
  3. Coffe Break dan Makan Siang Selama Pelatihan
  4. Buku Peta Jalan Bumdes Sukses
  5. T-Shirt
  6. Tas
  7. Penginapan meliputi penginapan dan makan malam (Bagi yang mengambil Fasilitas Menginap.
  8. CKU (Cek Kesehatan BUMDes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *